Fire Fighting and Rescue Training KSR UNIT STIKES Nasional 2024

Rabu,03 Juli 2024

Untuk membentuk serta melatih skill tanggap darurat Mahasiswa/Mahasiswi STIKES Nasional dalam Bencana Kebakaran,KSR Unit STIKES Nasional menyelenggarakan kegiatan Pemadaman Kebakaran dengan tema ”Fire Fighting and Rescue Training” yang dikhususkan untuk Mahasiswa/Mahasiswi STIKES Nasional. Kegiatan Pemadaman Kebakaran ini merupakan salah satu program kerja KSR Unit STIKES Nasional yang telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 26 Mei 2024 yang bertempat di Kampus STIKES Nasional Surakarta. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB – 11.30 WIB.

Pelatihan Pemadaman Kebakaran adalah salah satu kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan skill dalam pemadaman kebakaran,baik di dalam maupun di luar ruangan. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa/mahasiswi STIKES Nasional Surakarta telah mengetahui dasar-dasar memadamkan api yang baik dan benar. Sehingga, apabila terjadi suatu kebakaran di lingkungan sekitar, Mahasiswa/Mahasiswi dapat memadamkan api dengan sigap dan tenang. Selain itu, adanya kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk pendekatan, bertukar informasi, dan pengalaman antar mahasiswa/mahasiswi STIKES Nasional yang turut menjadi peserta kegiatan Pemadaman Kebakaran.

Kegiatan Pemadaman Kebakaran ini diawali dengan breafing panitia, untuk menjelaskan kembali tugas-tugas dari setiap sie. Kemudian peserta datang,  di lanjutkan dengan absensi peserta dan pemberian snack untuk peserta. Tidak lama dari kumpul peserta, Satpol PP Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukoharjo telah tiba di Kampus STIKES Nasional Surakarta dengan beranggotakan 4 orang. Setelah itu, acara dimulai dari pembukaan oleh MC dan sambutan oleh Ketua Pelaksana kegiatan. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh tim Satpol PP unit Pemadam Kebakaran kabupaten Sukoharjo yang berjudul DASAR DASAR PEMADAMAN KEBAKARAN BAGI SATPAN adapun isi materi yang disampaikan antara lain Pengertian kebakaran, segitiga penyebab muncul api, penyebab kebakaran, cara penanganan kebakaran, peralatan pemadaman kebakaran sederhana, APAR, HIDRANT, jenis hidrant, peralatan hidrant,cara penggunaan hidrant,tugas satuan pengaman ketika terjadi kebakaran, yang harus di perhatikan pada saat pemadaman api, dan tata cara menghubungi damkar.

Setelah pemaparan materi, dibuka sesi tanya jawab kepada peserta sehingga apabila peserta belum memahami materi yang telah di sampaikan,peserta dapat langsung mengajukan pertanyaan sehingga peserta dapat lebih memahami dengan apa yang telah disampaikan oleh pemateri.

Kegitan selanjutnya, yaitu praktik pemadaman kebakaran yang dilakukan diluar ruangan, juga dipraktikan oleh satu persatu peserta secara langsung. Adapun praktik pemadaman berupa pemadaman api menggunakan kain, pemadaman api menggunakan APAR, dan menghentikan api yang keluar dari gas dengan menggunakan tangan. Setelah Praktik pemadaman dibuka kembali sesi tanya jawab mengenai praktik yang telah dilakukan. Acara selanjutnya, yaitu penutupan oleh MC.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan baru serta ilmu dasar pemadaman api, serta dapat menggunakan alat-alat mulai dari yang sederhana hingga Apar untuk memadamkan api. Karena, bagi mahasiswa/mahasiswi kesehatan yang kemungkinan menggunakan bahan/reagen yang berbahaya hingga dapat menimbulkan api. Perlu adanya latihan dasar untuk mencegah terjadinya kebakaran.